About

PECAPP (Public Expenditure Analysis and Capacity Strengthening Program) adalah sebuah program yang bekerja pada sektor Keuangan Publik dan diprakarsai oleh Bank Dunia dengan dukungan dana dari AusAid melalui program CPDA – Bank Dunia . Program ini dilaksanakan Universitas Syiah Kuala bekerjasama dengan beberapa CSO lokal yang bergerak dalam bidang keuangan daerah.

Program ini disupervisi langsung oleh Bank Dunia beserta Pemerintah Aceh melalui Komite Pengarah yang ditetapkan berdasarkan SK Gubernur No. 050/498/2012. Anggota Komite Pengarah terdiri dari para Kepala dinas strategis dan diketuai oleh Sekretaris Daerah Provinsi Aceh. Diskusi strategis dengan pemerintah (Tim Anggaran Pemerintah Aceh) dan instansi strategis lainnya juga dilakukan berkala, untuk membahas hasil analisis anggaran beserta isu-isu lain mengenai pengelolaan keuangan publik.

Terdapat tiga komponen utama dari kegiatan PECAPP;

  1. Penguatan kapasitas pengelolaan keuangan publik (alokasi dan belanja) dengan menggunakan instrumen analisis belanja publik yang lebih baik. Seri pelatihan terhadap metode analisis belanja publik akan dilakukan dengan sasaran utama adalah staff pemerintahan yang bekerja dalam bidang program atau perencanaan. Pelatihan juga dilakukan terhadap anggota dewan perwakilan rakyat dari komisi dan badan tertentu yang relevan serta kalangan akademisi dan NGO. Beberapa peserta pelatihan terpilih akan bersama-sama dengan tim PECAPP yang disupervisi Bank Dunia akan menghasilkan analisis belanja publik Aceh yang terkini.

  2. Penguatan transparansi dan akuntabilitas melalui penguatan kualitas serta strategi advokasi dan disseminasi dari rekan-rekan CSO. Pelatihan tentang advokasi yang efektif berkenaan dengan isu-isu pengelolaan keuangan daerah juga akan dilaksanakan bekerjasama dengan ICW (Indonesia Corruption Watch) dan Formappi (Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia). Disseminasi terhadap hasil-hasil analisis dan seri diskusi berkala mengenai berbagai isu-isu pengelolaan keuangan publik akan dilakukan bersama-sama dengan NGO lokal. Hasil keluaran yang ingin dicapai adalah; advokasi dan pemantauan berkala mengenai belanja publik di Aceh melalui hasil analisis-analisis yang dilakukan oleh akademisi dan universitas. Data-data dan analisis disebarluaskan melalui berbagai media; radio, advertorial, news letter termasuk website.

  3. Memasukkan metode analisis belanja publik termasuk komponen materi pada universitas / perguruan tinggi. Untuk menjamin keberlanjutan pengetahuan analisis belanja publik, PECAPP bekerjasama dengan universitas dalam menyusun kurikulum dan materi pelatihan bagi mahasiswa dan pemerintah lokal.