Infrastruktur

Wednesday, 04/09/2013

Dana Otsus dan Kondisi Jalan; Belum Sesuai Kebutuhan

Jalan Rusak
Pada 2012, Provinsi Aceh mengalokasikan Rp 694 miliar untuk program membangun jalan dan jembatan. Alokasi secara keseluruhan tercatat sebesar 44 persen dari keseluruhan belanja infrastruktur. Belanja ini tercatat meningkat sebesar 20 persen dibandingkan pada tahun 2011.

Berdasarkan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) pada tahun 2012, beberapa program jalan/jembatan di pantai timur dan utara Aceh masih mendapatkan alokasi yang cukup besar dibandingkan wilayah pantai Barat dan Selatan. Sebagian besar wilayah pantai barat dan selatan masih memiliki kondisi infrastruktur jalan yang masih rendah namun belum menjadi prioritas. (lihat grafik)

Hampir keseluruhan program jalan dan jembatan di Kabupaten/kota bersumber dari dana otonomi khusus (Otsus), yang bertujuan untuk mempercepat proses pembangunan di Aceh karena tertinggal akibat konflik berkepanjangan. Juga untuk memperkecil kesenjangan kebutuhan antar kabupaten/kota. Perlu perencanaan yang baik ke depan, untuk mengalokasikan dana sesuai kebutuhan prioritas infrastruktur jalan dan jembatan di Aceh. [TP | PECAPP]

Komentar