Infrastruktur

Tuesday, 03/09/2013

Irigasi, Kunci Ketahanan Pangan

PU
Aceh salah satu daerah lumbung pangan nasional. Setiap tahunnya surplus beras dengan produksi padi sekitar 1,7 juta ton pertahun. Produksi padi terus meningkat searah dengan peningkatan berbagai fasilitas pertanian, salah satunya irigasi.

Luas lahan padi di Aceh terhitung sebesar 314,991 hektar, atau sekitar 69,38 persen dari keseluruhan lahan tanaman pangan yang ada di Aceh. Pada tahun 2011, saluran irigasi di seluruh Aceh tercatat seluas 251,321 hektar, dengan luas daerah potensi yang diairi sebesar 325,384 hektar.

Dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia, irigasi di Aceh masih terbilang minim. Misalnya, hasil panen padi di Jawa Barat pada tahun 2011 sebesar 11,6 juta ton dengan produktivitas padi sebesar 5,92 ton perhektar sedangkan produktivitas Aceh hanya sebesar 4,66 ton perhektar. Besarnya produktivitas di Jawa Barat disebabkan oleh tersedianya irigasi yang baik dan besarnya lahan sawah yang dikelola.

Beberapa irigasi di Aceh cenderung kurang maksimal diakibatkan permasalahan teknis dan non-teknis, seperti ketiadaan air atau konversi lahan pertanian menjadi perumahan. Alokasi dana yang cukup dan perencanaan baik untuk membangun maupun memperbaiki irigasi yang ada, akan menyelesaikan permasalahan tersebut.

Dalam Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Pengairan tahun 2013, dari total belanja Dinas Pengairan, hanya 32 persen dialokasikan untuk irigasi, jauh lebih kecil dibandingkan dengan program Bina Marga Cipta Karya (BMCK) seperti pembangunan dan pemeliharaan jalan yang memeroleh 60 persen anggaran, menjadi program utama pemerintah provinsi.

Prioritas pembangunan Aceh salah satunya adalah menciptakan ketahanan pangan dan peningkatan nilai tambah produk pertanian. Prioritas tersebut akan diikuti dengan program produktivitas pertanian, yang berfokus pada perbaikan teknik budidaya, penerapan teknologi, peningkatan SDM serta pengendalian hama. Namun prioritas pembangunan ini, belum sepenuhnya diikuti dengan komitmen alokasi anggaran yang cukup guna mendukung program ketahanan pangan. [TP | PECAPP]

Komentar