Infrastruktur

Tuesday, 03/09/2013

Sektor Infrastruktur
Belanja Terbesar Pemerintah Aceh

Belanja sektor infrastruktur adalah pengguna anggaran terbesar dalam Pemerintahan Aceh. Pada tahun 2012, belanja sektor ini meningkat drastis lebih dari 4 kali lipat dibandingkan tahun 2007, searah dengan peningkatan belanja otonomi khusus sejak 2008.

Peningkatan belanja infrastruktur terjadi pada tingkat provinsi. Secara riil pada tahun 2007, belanja infrastruktur hanya sebesar Rp 272 miliar, meningkat menjadi Rp 1,3 triliun pada tahun 2012. Secara keseluruhan sektor infrastruktur menyerap 13 persen anggaran pemerintah provinsi Aceh.

Dengan nilai belanja infrastruktur yang besar, Aceh berada pada urutan ke-7 sebagai provinsi yang memiliki belanja perkapita terbesar pada tahun 2012. Belanja perkapita Aceh pada tahun 2012 tercatat sebesar Rp 736 ribu, lebih besar dibandingkan belanja perkapita Sumatera Utara, yang hanya sebesar Rp 337 ribu dan belanja perkapita nasional sebesar Rp 358 ribu.

Besarnya sumber daya keuangan di sektor infrastruktur (setiap tahun terus meningkat), menjadikan Aceh sebagai salah satu provinsi dengan kondisi infrastruktur yang baik di Indonesia. Kondisi infrastruktur ini misalnya sarana jalan dan jembatan. Hal ini menjadi salah satu faktor penting dalam memacu pertumbuhan ekonomi di Aceh.

Namun akses jalan terhadap daerah-daerah terpencil yang memiliki potensi ekonomi masih merupakan tantangan utama bagi Aceh. Perlu perhatian serius dari pemerintah untuk memperhatikan akses jalan ke daerah-daerah guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. [TT | PECAPP]

Komentar