News

Saturday, 25/01/2014

Mahasiswa Aceh Belajar Analisis Anggaran

Diskusi Poltek

Banda Aceh – Difasilitasi oleh Public Expenditure Analysis and Capacity Strengthening Program (PECAPP), dua ratusan mahasiswa yang umumnya Mahasiswa Politeknik Aceh belajar analisis anggaran publik, di kampus Politeknik Aceh, Jumat 24 Januari 2014.

Belajar sekaligus diskusi lintas kampus tersebut menghadirkan pemateri Team Leader PECAPP, Dr Syukriy Abdullah. Dia memaparkan beberapa data awal yang menunjukkan kondisi paradoks pembangunan Aceh. ”Orang Aceh tak tambah sejahtera kendati anggaran bertambah, berarti ada persoalan dalam pengelolaan anggaran,” ujarnya.

Dia juga mengajak mahasiswa kritis dalam memantau anggaran publik. Dalam mengkritisi, tentunya tak sekadar bicara, tetapi juga paham dengan kondisi dan data-data.

Pada kesempatan tersebut, tim PECAPP juga membedah website www.belanjapublikaceh.org sekaligus mengajarkan mahasiswa, bagaimana melakukan analisis melalui aplikasi inquiry data. ”Secara umum web ini sama dengan web lembaga lainnya,” kata Sofran Sofyan, IT PECAPP.

Tetapi kelebihannya, web ini mempunyai data lengkap anggaran Aceh sejak dari tahun 2000 sampai sekarang. Data tersebut dapat diakses publik setelah melakukan registrasi. Mahasiswa dan masyarakat umum juga dapat melakukan analisis sendiri melalui aplikasi yang ditanamkan di website tersebut. ”Misalnya untuk melihat perbandingan penerimaan anggaran Aceh dari tahun ke tahun.”

Diskusi mendapat perhatian besar dari mahasiswa. Salah seorang mahasiswa Politeknik Aceh, Ahyar yang mencoba langsung aplikasi tersebut mengakui berbagai data yang ditampilkan sangat membantu mahasiswa maupun masyarakat umum untuk mengetahui jumlah dana publik di Aceh. ”Website ini sangat berguna bagi mahasiswa jika ingin melakukan kajian terkait anggaran,” ujarnya. [AW|PECAPP]

Komentar