Pendidikan

Friday, 06/09/2013

Otsus Pendidikan Sedikit untuk Peningkatan Mutu

otsus pendidikan
Pemerintah Aceh memiliki kewenangan dalam pengelolaan dana otonomi khusus (Otsus) untuk pembangunan sektor pendidikan, termasuk pengaturan alokasi dana pendidikan antara Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota.

Dalam Qanun Nomor 5 tahun 2008 ditetapkan alokasi dana otsus minimal 20 persen untuk sektor pendidikan baik di provinsi maupun di kabupaten/kota. Alokasi dana otsus di sektor pendidikan diharapkan dapat mengejar ketertinggalan terutama dari sisi mutu dan daya saing pendidikan Aceh.

Dalam lima tahun terakhir (2008 – 2012), alokasi dana otonomi khusus belum diprioritaskan untuk peningkatan mutu pendidikan. Alokasi dana otsus di sektor pendidikan sebahagian besar diperuntukkan bagi pembangunan fisik terutama penyediaan gedung sekolah, ruang kelas serta pagar sekolah.

Contohnya pada 2011, sebanyak 51 persen dana otsus untuk pendidikan dasar dan menengah dialokasikan untuk pembangunan gedung sekolah dan ruang kelas baru, di samping itu sebanyak 16 persen untuk pembangunan pagar sekolah. (Grafik)

Minimnya alokasi anggaran untuk peningkatan mutu pendidikan menyebabkan Aceh masih tertinggal secara mutu dan daya saing dibandingkan dengan beberapa provinsi lainnya di Indonesia. [RE | PECAPP]

Komentar